Summer Packages

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Sed et quam vitae ipsum vulputate varius vitae semper nunc. Quisque eget elit quis augue pharetra feugiat. Suspendisse turpis arcu, dignissim ac laoreet a, condimentum in massa.

Family Suites

Etiam urna lorem, blandit ac lobortis quis, porttitor at augue. Phasellus dictum nunc in sem viverra tristique suscipit nunc tristique. Duis sit amet lorem lacus, a iaculis diam. Sed non orci mauris, ac laoreet nunc.

Penyakit Skizofrenia



Ketika menonton film (kebanyakan di film-film Hollywood)  ataupun menonton berita sering mendengar kata Skizofrenia, apasih Skizofrenia? karena penasaran aku mencoba bertanya sama mbah Goo.. ternyata setelah dipelajari hasilnya cukup mengerikan 


 Apa itu Skizofrenia????..... Ok berikut penjelasannya.


Skizofrenia adalah penyakit gangguan psikologis/kejiwaan, Skizofrenia disebabkan oleh kelainan secara kimiawi pada otak, terjadi gangguan fungsi sistemik dan impuls syaraf otak.Penderita Skizofrenia meliputi halusinasi atau delusi,  Penderita Skizofrenia kehilangan kemampuan berpikirnya secara rasional dalam mengevaluasi lingkungan dan cara berinteraksi dengan orang lain. Mereka kerap memercayai hal-hal yang tidak benar, dan mungkin mengalami kesulitan menerima apa yang mereka lihat sebagai realitas "yang benar".


Penderita skizofrenia yang tidak mendapat perawatan dengan baik akan dapat membuahkan masalah emosional dan perilaku kesehatan yang berdampak di setiap sendi kehidupan, penderita akn melakukan tindakan kekerasan kepada orang lain disekitarnya, bahkan pasien akan mencoba untuk bunuh diri,


Pengobatan 

Pengobatan antipsikotik merupakan pengobatan yang paling umum diresepkan untuk terapi schizophrenia. Obat-obatan ini berfungsi mengontrol gejala-gejala dengan mempengaruhi neurotransmitter otak, dopamine dan serotonin.


Terapi psikososial

Terapi tersebut mencakup:


- Terapi  individu. Psikoterapi bersama petugas kesehatan mental terlatih dapat membantu pasien mempelajari cara-cara mengatasi perubahan yang dialami sehari-hari pada penderita schizophrenia. Terapi akan membantu pasien memperbaiki keterampilan komunikasi, menjalin relasi, kemampuan untuk bekerja dan motivasi untuk tetap menjalankan rencana pengobatan. Mempelajari schizophrenia bisa membantu pasien memahami penyakit ini lebih baik, mengatasi gejala-gejala yang mungkin muncul, dan memahami pentingnya mengonsumsi obat dengan patuh. Terapi juga dapat membantu pasien mengatasi stigma yang melingkupi schizophrenia.


- Terapi keluarga. Pasien dan keluarganya akan mendapatkan manfaat dari terapi yang menyediakan dukungan dan pendidikan bagi keluarga. Gejala-gejala yang muncul pada penderita berpotensi membaik jika keluarga memahami penyakit tersebut, dapat mengenali situasi yang penuh tekanan yang mungkin memicu kekambuhan, dan membantu pasien  tetap menjalankan rencana pengobatan. Terapi keluarga juga akan membantu pasien berkomunikasi lebih baik dengan anggota keluarga yang lain saat ada masalah. Selain itu terapi keluarga juga membantu anggota keluarga mengatasi dan mengurangi tekanan  kondisi pasien.


- Rehabilitasi. Pelatihan sisal dan kemampuan berbicara untuk hidup mandiri merupakan bagian penting pemulihan dari sachizophrenia. Dengan bantuan seorang terapis, pasien dapat mempelajari keterampilan mengenai kebersihan yang baik, memasak dan berkomunikasi dengan lebih baik.


Tidak ada cara pasti mencegah schizophrenia. Namun demikian, terapi awal dapat membantu mengendalikan gejala-gejala sebelum berkembang menjadi komplikasi serius dan bisa membantu memperbaiki prospek jangka panjang penderita.


Berikut ini Penayangan penderita skizofrenia dalam Film 

Shutter Island (2010), A Beautiful Mind (2001)


Sumber: merdeka.com, dokterdigital.com




0 komentar:

Posting Komentar

Free Website templatesFree Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesSEO Web Design AgencyMusic Videos OnlineFree Wordpress Themes Templatesfreethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree Web Templates