Summer Packages

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Sed et quam vitae ipsum vulputate varius vitae semper nunc. Quisque eget elit quis augue pharetra feugiat. Suspendisse turpis arcu, dignissim ac laoreet a, condimentum in massa.

Family Suites

Etiam urna lorem, blandit ac lobortis quis, porttitor at augue. Phasellus dictum nunc in sem viverra tristique suscipit nunc tristique. Duis sit amet lorem lacus, a iaculis diam. Sed non orci mauris, ac laoreet nunc.

Peran Otak Kanan dan Otak Kiri Manusia

Haloo.. hari ini saia akan berbagi tentang Processor manusia yaitu Otak.. Setiap manusia pasti punya otak, klau tidak !! Nah.. itu patut untuk dipertanyakan, " dan layak untuk diperbincangkan.
Otak manusia adalah struktur lunak yang dilindungi oleh cangkang berupa tengkorak. Berdasarkan letaknya secara simetris, otak dibagi menjadi otak kanan (hemisfer kanan) dan otak kiri (hemisfer kiri). Otak merupakan bagian sentral dari fungsi dasar vital pada manusia. Kerusakan pada otak, akan sangat mengganggu aktivitas bagi penderitanya.

Otak itu sendiri  merupakan pusat memory alias penyimpan, kognitif, emosi, dan semua jenis perasaan dan kognisi. Kualitas otaklah yang membedakan kualitas individu itu sendiri. Walaupun otak merupakan satu kesatuan yang menyatu, tetapi dapat dibagi menjadi otak kanan dan otak kiri yang mempunyai cara kerja dan fungsi yang berbeda.

Perbedaan teori fungsi otak kanan dan otak kiri telah populer sejak tahun 1960. Seorang peneliti bernama Roger Sperry menemukan bahwa otak manusia terdiri dari 2 hemisfer (bagian), yaitu otak kanan dan otak kiri yang mempunyai fungsi yang berbeda. Atas jasanya ini beliau mendapat hadiah Nobel pada tahun 1981. Selain itu dia juga menemukan bahwa pada saat otak kanan sedang bekerja maka otak kiri cenderung lebih tenang, demikian pula sebaliknya.
Pembagian otak kanan dan otak kiri ini berada dalam posisi frontal (menghadap kedepan), bukan bagian belakang, karena posisi anatomis tubuh adalah menghadap kedepan, bukan membelakangi.

Naahhh Udah Pahim khaaann... Chaiyoooo saia akan Lanjutkan !!
Fungsi Otak Kanan
Otak kanan adalah otak yang berada disebelah kanan dalam posisi anatomis (frontal). Fungsi otak kanan adalah sebagai berikut:
  1. Perkembangan emosi (emotional quotient (EQ)
  2. Hubungan antar manusia (sosialisasi)
  3.  Fungsi Komunikasi (perkembangan bahasa non verbal)
  4.  Perkembangan intuitif Seni (menari, melukis, menyanyi dan lain-lain)
  5.  Mengandalikan ekspresi manusia
  6.  Pusat khayalan dan kreativitas
  7.  Berpikir lateral dan tidak terstruktur
  8. Tidak memikirkan hal-hal secara detail
  9. Cara kerjanya long term memory (memory jangka panjang)
  10. Lebih ahli dalam menentukan ruang/tempat dan warna
  11. Bila terjadi kerusakan pada area otak kanan yang terganggu adalah area kemampuan visual dan emosi

Fungsi Otak Kiri
Otak kiri adalah otak yang berada disebelah kiri dalam posisi anatomis (posisi frontal). Fungsi otak kiri adalah sebagai berikut:
  1.  Perkembangan Intelegensi (intelligence quotient (IQ))
  2.  Pusat perkembangan logika dan rasio (seperti matematika)
  3. Berpikir sacara sistematis
  4. Bahasa verbal
  5.  Berpikir linear dan terstruktur
  6.  Berpikir analisis dan bertahap
  7.  Cara berpikirnya short term memory (memory jangka pendek)


0 komentar:

Posting Komentar

Free Website templatesFree Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesSEO Web Design AgencyMusic Videos OnlineFree Wordpress Themes Templatesfreethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree Web Templates